TpA0TfOlGSG0GfO5BSMiTfA6BY==

Waspada Ada Modus Penipuan Baru Salah Transfer Uang!

Kabar viral! Muncul modus penipuan baru yang dibicarakan di media sosial. Berawal dari cuitan Twitter, oleh akun @SoundOfYogi. Unggahan 11 Juli 2023 itu menceritakan temannya mendapatkan transferan Rp20 juta yang tidak diketahui asalnya.

Modus Penipuan Baru Kembali Marak

Setelah mendapatkan transferan uang, Kemudian, datang sebuah pesan melalui WhatsApp yang memberitahukan mengenai salah transfer.

Beruntung, teman dari pemilik akun Twitter yang lebih akrab disapa Yogi itu mencurigai mengenai potensi penipuan.

Setelah memeriksa mutasi rekening, sang korban kemudian menemukan bahwa asal uang Rp20 juta adalah perusahaan pinjaman online (pinjol).

Setelah itu, korban melaporkan kejadian tersebut ke polisi. Pemuda ia juga menghubungi perusahaan pinjaman online terkait serta memberitahukan bank mengenai kasus penipuan.

Melansir dari Kompas.com, Yogi mengaku mendapatkan pesan dari beberapa warganet yang mengalami kasus serupa dengan temannya.

Hal tersebut menandakan bahwa modus penipuan transfer uang sudah banyak korbannya. Menurut dugaan, pelaku penipuan pertama-tama mencuri data pribadi korban, kemudian menggunakannya untuk mendaftar pinjaman online.

Dana akan masuk ke rekening korban ketika perusahaan pinjol menyetujui pengajuan pinjaman.

Selanjutnya, pelaku akan mengirim pesan pada korban, mengaku bahwa ia melakukan salah transfer. Pelaku kemudian akan meminta korban untuk mengirim uang tersebut ke rekening lain.

Nah, setelah uang terkirim, korban akan terkena kewajiban untuk membayar tagihan pinjaman online. Padahal korban sama sekali tidak mengajukan maupun menggunakan uang tersebut.

Tips Menghindari Terkena Penipuan Salah Transfer

Mengingat bagaimana modus penipuan salah transfer sudah menjerat banyak korban, sudah sewajarnya untuk meningkatkan kewaspadaan.

Selain itu, berikut beberapa tips untuk menghindari penipuan:

     Abaikan pesan atau panggilan dari pihak yang tidak dikenal yang mengaku salah transfer. Waspadai juga pesan via aplikasi. Pasalnya. sudah banyak juga yang menemukan modus penipuan terbaru lewat WA. 

     Jangan langsung percaya saat mendapatkan pesan salah transfer. Pastikan untuk meminta bukti transfer tersebut dari pihak penanya. Lalu, cermati nama pengirim, nominal, dan mutasi rekening.

     Apabila terdapat indikasi penipuan, maka segera laporkan ke polisi. Beritahukan juga kepada pihak bank agar membantu menginvestigasi.

Itulah info mengenai modus penipuan baru. Selain tips yang telah disebut, ada baiknya untuk menghindari membuka link atau tautan yang mencurigakan.

Komentar0

Type above and press Enter to search.