TpA0TfOlGSG0GfO5BSMiTfA6BY==

Kunjungi Lapas Banjarbaru, Kadivpas Tinjau Pelayanan dan Pembinaan Warga Binaan

Narasipublik-Banjarbaru, INFO_PAS, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru menerima kunjungan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilyah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan, Said Mahdar, Jumat (26/1). Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas) Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa, beserta jajaran Pejabat struktural. 


Setibanya di Lapas, Kadivpas didampingi Kalapas dan para pejabat struktural, meninjau langsung perbaikan dapur sehat yang dikerjakan oleh kreatifitas warga binaan. Perbaikan ini dalam rangka menuju dapur sehat percontohan yang sedang diupayakan oleh jajaran Lapas Banjarbaru.

Kemudian, Kadivpas menuju kegiatan kerja untuk melihat langsung kegiatan pembinaan kemandirian yang diikuti warga binaan, diantaranya budidaya ikan sistem bioflok, pembuatan miniatur, papan nama, batik sasirangan, melukis, advertising, menjahit, pembuatan snack dan roti, las listrik, konstruksi, mebel, serta laundry.

Selanjutnya, Kadivpas jadi khatib sekaligus Imam salat Jumat di Masjid Al-Ikhlas Lapas Banjarbaru bersama petugas dan ratusan warga binaan. Dalam khutbahnya, Said Mahdar mengingatkan, agar seluruh petugas dan Warga Binaan menjauhi Narkoba dan memiliki akhlak yang baik.

Usai salat jumat, Kadivpas beranjak ke klinik pratama untuk meninjau kegiatan pelayanan kesehatan warga binaan dan memeriksa ruang obat, ruang dokter, ruang perawat/staf, ruang rawat inap, ruang tindakan, dan ruang isolasi. Ia juga berbincang sekaligus melakukan pengecekan kesehatannya dengan Dokter Lapas.

Kadivpas mengakhiri kunjungannya di Lapas Banjarbaru dengan meninjau Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE). Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh warga binaan di SAE Lapas Banjarbaru, mulai dari kegiatan perkebunan, peternakan, hingga perikanan. 


Lebih jauh, Kadivpas, Said Mahdar mengapresiasi segala upaya yang dilakukan oleh jajaran Lapas Banjarbaru dari segi peningkatan sarana pelayanan dapur sehat, pelayanan kesehatan, pembinaan kemandirian, dan sistem pengamanan Lapas.

Pada kesempatan yang sama, Kalapas Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa mengucapkan terimakasih atas kunjungan Kadivpas. "Tentunya segala arahan dan masukan dari bapak Kadivpas akan menjadi atensi dan motivasi bagi kami untuk terus berupaya melakukan peningkatan pelayanan dan pembinaan bagi warga binaan," ungkapnya.

Komentar0

Type above and press Enter to search.