TpA0TfOlGSG0GfO5BSMiTfA6BY==

Perdana Kunjungi Lapas Palu, Kakanwil Kemenkumham Sulteng Hermansyah Siregar Tinjau dan Pastikan Pemenuhan Hak WBP Terpenuhi Dengan Baik

PALU_Lakukan kunjungan perdana ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kemenkumham Sulteng) tinjau dan pastikan pemenuhan hak para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terpenuhi dengan baik, Rabu, (18/10/2023) siang.


Dalam lawatannya tersebut, Kakanwil yang didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Ricky Dwi Biantoro disambut langsung oleh Kepala Lapas Palu Gunawan beserta jajaran, Kakanwil pun meninjau langsung berbagai fasilitas pembinaan dan proses pemenuhan hak bagi WBP di Lapas Palu.


“Semuanya mesti telah terstandarisasi, sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku, fokus kita adalah bagaimana para saudara kita ini dapat berubah dan memiliki kapabilitas diri yang mumpuni. Bagaimana itu bisa terwujud? Tentu diawali dengan pemenuhan hak yang prima,” kata Kakanwil Hermansyah saat meninjau fasilitas seperti ruangan dapur, bimbingan kerja hingga blok hunian Lapas.

Kakanwil Hermansyah pun mengapresiasi atas program pembinaan yang diberikan, ia berharap agar hal positif tersebut senantiasa ditingkatkan hingga benar-benar menghasilkan para WBP yang siap menjadi pionir pembangunan bangsa di masa depan.

“Kemarin saya mendengar bahwa dari fasilitas kesehatan dan pelatihan kerja telah sertifikasi, tentu hal itu harus kita manfaatkan sebaik-baiknya, tujuan kita adalah bagaiman mereka menjadi pemimpin untuk bangsa atau daerah ini, mari kita terus memastikan pemenuhan hak terpenuhi dengan baik,” tambahnya.

Senada, Kadivpas Ricky pun turut mengamanatkan agar dalam pemenuhan hak tersebut, pelaksanaan fungsi pengawasan terus dilakukan, ia meminta agar situasi tetap aman dan kondusif.

“Fungsi pengawasan maupun pengoptimalan satuan operasional kepatuhan terus dipantau, pembinaan lancar, memastikan situasi tetap aman dan kondusif juga mesti demikian,” jelas Kadivpas.

Sementara itu, Kalapas Gunawan pun mengaku bersyukur atas kunjungan sosok pimpinan yang baru saja dilantik pada tanggal 25 September 2023 lalu, ia menegaskan akan terus berkomitmen menghadirkan pelayanan yang prima.

“Pastinya kami selalu berharap agar saran dan masukan terus kami terus, kami sangat berkomitmen agar menghadirkan pelayanan prima, pelayanan yang memberi dampak baik buat WBP dan para masyarakat di luar,” pungkas Kalapas Gunawan.



Komentar0

Type above and press Enter to search.