TpA0TfOlGSG0GfO5BSMiTfA6BY==

Sinergi Aparat Penegakan Hukum, Rutan Palu Terima Tahanan Baru

Narasipublik-Palu, INFO_PAS, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu kembali menerima titipan empat orang tahanan tahap penuntutan AII dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Palu, Rabu (17/1). Tahanan baru tersebut diterima langsung oleh Staf Registrasi  Pelayanan Tahanan (Yantah) Rutan Palu, I Kadek Wahyudiana.


Kepala Subseksi Yantah, Herdi, mengatakan penerimaan tahanan baru ini sudah melalui proses koordinasi antara Rutan Palu dan Kajari Palu. "Berkat koordinasi dan sinergitas yang baik bersama Kejari Palu, proses penerimaan tahanan baru menjadi lebih cepat dan mudah,” ungkap Herdi.

Sebelumnya tahanan yang baru masuk dilakukan penggeledahan badan dan barang bawaannya, kemudian dilakukan pengecekan administrasi serta pengecekan kesehatan. “Hal ini kami lakukan sebagai langkah progresif deteksi dini pencegahan barang terlarang masuk ke dalam Rutan, serta tertib administrasi pada tahanan baru dan skrining awal pada tahanan baru apabila memiliki penyakit bawaan yang mungkin dideritanya,” tambahnya.


“Tahanan baru akan melewati program mapenaling dulu, program ini bertujuan untuk memberikan pengenalan lingkungan terkait sarana dan prasarana yang ada di Rutan, serta arahan mengenai hak dan kewajiban mereka selama menjalani masa pidananya,” pungkas Herdi. (Et)

Komentar0

Type above and press Enter to search.