TpA0TfOlGSG0GfO5BSMiTfA6BY==

Gelar Ceramah Keagamaan, Rutan Palu Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Warga Binaan

NarasiPublik – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah terus berupaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui kegiatan ceramah keagamaan.

 Bertempa di Masjid At-Taubah Rutan Palu, kegiatan ceramah dan diskusi keagamaan diikuti oleh warga binaan yang beragama islam dengan menghadirkan penceramah dari majelis taklim manarul mustofa, Ustad Abdullah dengan tema “Keutamaan-keutamaan Bulan Ramadhan”, Jumat (1/3).

 “Bulan Suci Ramadhan merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketakwaan, dikarenakan bulan ini memiliki beberapa keutamaan atau manfaat,” ujar Ustad Abdullah.

 “Umat Islam selayaknya memahami keutamaan atau fadhilah dari setiap ibadah yang Allah SWT perintahkan. Pemahaman terhadap keutamaan dalam melaksanakan setiap amal shaleh akan menjadi penyemengat sekaligus akan mendorong kepada peningkatan keimanan dan ketaqwaan seseorang,” tambahnya.

 Kepala Rutan Palu, Yansen, menjelaskan bahwa melalui kegiatan ceramah dan diskusi keagamaan ini  dapat melatih serta mengembangkan sikap perilaku warga binaan sehingga mampu mengubah diri dari kebiasaan dan perilaku sebelumnya menjadi manusia seutuhnya.

 Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, menuturkan bahwa setiap warga binaan diberikan waktu dan kesempatan sebanyak-banyaknya untuk lebih mempelajari ilmu tentang agamanya masing-masing, berdiskusi, dan mendapatkan pengetahuan tentang agama.

 “Pembinaan kerohanian dan kepribadian telah menjadi program yang rutin dan terjadwal dan menjadi prioritas utama di seluruh jajaran Pemasyarakatan Kemenkumham Sulteng. Kami berharap, dengan program pembinaan ini dapat menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada warga binaan sehingga menjadi bekal saat selesai menjalani masa pembinaannya,” ujar Hermansyah. (RA)

Komentar0