TpA0TfOlGSG0GfO5BSMiTfA6BY==

SAE Membuahkan Hasil, Lapas Banjarbaru Panen 30 Kg Kacang Panjang

Narasipublik - Program Pembinaan Kemandirian Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru kembali membuahkan hasil. Kali ini, Lapas Banjarbaru bersama Warga Binaan panen kacang panjang seberat 30 kilogram di Lahan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE), Kamis (27/6).

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja, Bagus Paras Etika, mengatakan hasil panen ini tidak hanya menunjukkan dedikasi Warga Binaan dalam mengikuti program pembinaan, tetapi juga keterampilan dalam bidang pertanian.

“Panen ini berkat usaha dan kerja keras Warga Binaan yang selama berbulan-bulan  dengan tekun merawat tanaman kacang panjang yang mereka tanam di lahan SAE. Ini adalah pencapaian Warga Binaan yang sangat membanggakan," ungkap Bagus.

Bagus menyampaikan program pembinaan  yang diselenggarakan Lapas Banjarbaru bertujuan untuk mempersiapkan Warga Binaan menghadapi kehidupan dimasa yang akan datang. “Ini adalah bukti nyata bahwa program pembinaan yang kita berikan mampu memberikan peluang kedua kepada Warga Binaan untuk bisa memperbaiki hidup setelah selesai menjalani masa pidana,” ujarnya.

"Keberhasilan panen kacang panjang ini menjadi cerminan dari upaya dan komitmen Lapas Banjarbaru dalam memberikan program pembinaan yang efektif dan bermanfaat bagi Warga Binaan," imbuh Bagus.

Lebih lanjut, Bagus menjelaskan hasil panen ini akan dipasarkan ke mitra Lapas dan sebagian masuk dapur sehat untuk memenuhi kebutuhan makanan warga binaan. "Hasil penjualan kacang panjang akan digunakan untuk keperluan bercocok tanam kembali, setor Penerimaan Negara Bukan Pajak, dan premi bagi Warga Binaan sebagai bentuk apresiasi kami terhadap keuletan dan kerja keras yang mereka tunjukkan," jelas Bagus.

Warga Binaan yang mengikuti program pembinaan kemandirian, Yudi, menyampaikan rasa syukur dan bahagianya. "Panen ini adalah obat lelah dan kami pun merasakan manfaat dari program pembinaan yang diberikan Lapas Banjarbaru. Tidak hanya memberikan keterampilan baru bagi kami, tetapi juga program pembinan ini membangun kepercayaan diri dan harapan untuk masa depan kami yang lebih baik," ungkapnya.

Komentar0

Type above and press Enter to search.